detikterkini.id -- Malang, 27 Agustus 2025 – Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang bersama PT. Bimasakti Multi Sinergi terus melanjutkan kemitraan strategis yang telah terjalin sejak tahun 2019.
Fokus kerjasama ini berada pada penguatan sistem pembayaran rekening Air dan Non-Air, yang memberikan kemudahan, kecepatan, serta transparansi bagi pelanggan dalam bertransaksi.
Sebagai simbolis penguatan hubungan, Head of Regional Partnership PT. Bimasakti Multi Sinergi, Rudihanto, menyerahkan plakat penghargaan kepada Direktur Umum Perumda Tirta Kanjuruhan, Tutik Wadjawati, S.E., M.M., serta Kepala Bagian Keuangan, Sri Agustina, pada Rabu (27/8) di kantor Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang.
“Kerjasama yang telah berjalan selama enam tahun ini membuktikan komitmen kami untuk terus mendukung transformasi digital di sektor layanan publik, khususnya dalam mempermudah pembayaran rekening Air maupun Non-Air. Kami percaya, inovasi digital akan semakin meningkatkan efisiensi dan memberikan kenyamanan maksimal bagi pelanggan,” ujar Rudihanto.
Direktur Umum Perumda Tirta Kanjuruhan, menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang konsisten ini. “Sejak awal, kerjasama dengan PT. Bimasakti Multi Sinergi sangat membantu kami dalam memberikan layanan yang lebih modern dan cepat. Kami berharap sinergi ini bisa terus berkembang untuk menjawab kebutuhan pelanggan di era digital,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan, Sri Agustina, menambahkan pentingnya aspek efisiensi dalam pengelolaan transaksi. “Dengan adanya dukungan sistem pembayaran digital ini, proses pencatatan dan pengelolaan keuangan menjadi lebih akurat dan transparan. Hal ini tentu sangat berkontribusi pada peningkatan kinerja perusahaan,” ujarnya.
Sri Agustina juga menyampaikan bahwa pada tahun 2026 diharapkan seratus persen pelanggan Tirta Kanjuruhan melakukan pembayaran di channel online, sehingga sisi operasional perusahaan lebih efisien. Untuk mendukung hal tersebut, PT. Bimasakti siap mengintegrasikan Payment Gateway
“Winpay” yang telah berlisensi dari Bank Indonesia ke aplikasi My Tirta Kanjuruhan, sehingga pelanggan tidak hanya bisa menanyakan informasi tagihan namun bisa juga melakukan pembayaran dengan pilihan metode pembayaran seperti Virtual Account Bank Nasional, QRIS, modern retail serta E-wallet.
Pada pertemuan tersebut PT. Bimasakti juga menyampaikan inovasi terbaru yang bisa dikembangkan di Tirta Kanjuruhan yang merupakan kolaborasi antara Bimasakti dengan PT. Innovasia, salah satu Consultant & Tech Partner Meta Indonesia untuk implementasi platform WA Business sebagai sarana pembayaran dan pengelolaan data kepelangganan (CRM) Dengan sinergi ini, Perumda Tirta Kanjuruhan optimis dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus mendukung visi Kabupaten Malang dalam membangun ekosistem cashless society.
Kolaborasi berkelanjutan bersama PT. Bimasakti Multi Sinergi menjadi bukti nyata bagaimana sektor swasta dan BUMD dapat bergandengan tangan menghadirkan layanan publik yang modern, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.